Langsung ke konten utama

Membaca Dwi Fungsi ABRI Melalui Teori Kritis Mazhab Frankfurt

Sumber Gambar: AI

Dwi Fungsi ABRI pertama kali dirumuskan sebagai kebijakan resmi pada tahun 1958, tetapi mencapai puncak pengaruhnya pada era Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto. Doktrin ini menyatakan bahwa militer memiliki dua fungsi utama: fungsi pertahanan keamanan dan fungsi sosial-politik. Dengan demikian, TNI tidak hanya bertanggung jawab atas pertahanan negara tetapi juga berhak terlibat dalam pemerintahan, ekonomi, dan aspek sosial lainnya.

Mengutip pemikiran Antonio Gramsci tentang hegemoni, Kita dapat melihat Dwi Fungsi ABRI sebagai strategi untuk menjadikan dominasi militer dalam politik sebagai sesuatu yang wajar dan diterima oleh masyarakat. Hegemoni bukan hanya tentang penggunaan kekuatan fisik, tetapi juga tentang bagaimana gagasan tertentu dikonstruksi sedemikian rupa sehingga dianggap sebagai kebenaran yang tidak bisa diganggu gugat.

Rezim Orde Baru menggunakan berbagai saluran seperti pendidikan, media, serta narasi sejarah untuk menanamkan gagasan bahwa tanpa keterlibatan militer, negara akan jatuh ke dalam ketidakstabilan. Dengan kata lain, doktrin Dwi Fungsi ABRI tidak hanya berfungsi sebagai kebijakan politik tetapi juga sebagai mekanisme ideologis yang membentuk kesadaran kolektif.

Pendidikan Militer dan Normalisasi Peran Politik TNI

Sejak awal pelatihan, calon perwira TNI diberikan pemahaman bahwa mereka bukan sekadar tentara, tetapi juga pemimpin yang bertanggung jawab atas stabilitas sosial-politik. Kurikulum di akademi militer menekankan pentingnya keterlibatan militer dalam pemerintahan dan pengambilan kebijakan, menciptakan pola pikir bahwa supremasi sipil atas militer adalah sesuatu yang tidak sepenuhnya mutlak.

Dalam fenomena ini, kita bisa mendapat satu poin, yakni bagaimana reproduksi sebuah ideologi melalui struktur dan institusi. Ideologi direproduksi melalui institusi pendidikan, baik di lingkungan sipil maupun militer. Dalam konteks TNI, akademi militer dan sekolah staf komando memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir prajurit tentang peran mereka dalam negara.

Habermas, salah satu pemikir Mazhab Frankfurt generasi kedua, mengkritik bagaimana dominasi wacana dalam pendidikan dapat menghambat diskursus demokratis. Dalam fenomena Dwi Fungsi ABRI, pendidikan militer menjadi alat untuk mereproduksi ideologi yang menganggap keterlibatan militer dalam politik sebagai sesuatu yang alamiah dan bahkan diperlukan.

Selain dominasi wacana yang dilakukan di dalam akademi militer, sistem kaderisasi dalam birokrasi Indonesia juga memperkuat normalisasi peran militer dalam pemerintahan. Banyak perwira aktif dan pensiunan militer menduduki posisi strategis di berbagai lembaga negara, baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan demikian, meskipun reformasi telah menghapus Dwi Fungsi secara resmi, mentalitas dan struktur yang mendukungnya tetap bertahan.

Media dan Industri Budaya dalam Legitimasi Dwi Fungsi ABRI

Pada era Orde Baru, media massa dikontrol ketat oleh pemerintah, dan narasi yang diproduksi selalu menampilkan militer sebagai penyelamat bangsa. Film-film bertema perjuangan, berita yang memperlihatkan peran militer dalam pembangunan, serta kampanye propaganda di televisi dan radio semuanya bertujuan untuk membangun citra bahwa keterlibatan militer dalam politik adalah sesuatu yang alami dan bahkan diperlukan. Industri budaya digunakan untuk melegitimasi kekuasaan. Media memainkan peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap militer sebagai aktor politik yang sah.

Adorno dan Horkheimer dalam Dialectic of Enlightenment menjelaskan bagaimana media digunakan untuk menciptakan kesadaran palsu (false consciousness), di mana masyarakat menerima struktur kekuasaan tanpa mempertanyakannya secara kritis. Ini sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia, dimana masyarakat selama bertahun-tahun terbiasa melihat TNI bukan hanya sebagai alat pertahanan tetapi juga sebagai pemimpin yang mengelola berbagai aspek kehidupan nasional.

Meskipun era Reformasi telah membawa kebebasan pers, representasi militer dalam media masih sering menggambarkan mereka sebagai figur yang lebih kompeten dibandingkan politisi sipil. Narasi semacam ini memperkuat keyakinan bahwa keterlibatan militer dalam politik, meskipun secara hukum tidak lagi diperbolehkan, tetap bisa dibenarkan dalam situasi tertentu.

Reformasi 1998: Apakah Dwi Fungsi ABRI Benar-benar Berakhir?

Satu pertanyaan yang dapat kita renungkan kembali saat ini adalah apakah reformasi yang terjadi setelah 1998 benar-benar menghapus pengaruh Dwi Fungsi ABRI atau hanya mengubah bentuknya?.

Secara formal, Dwi Fungsi ABRI dihapuskan dan militer dipisahkan dari kepolisian. Namun, dalam praktiknya, keterlibatan militer dalam politik masih terus terjadi dalam berbagai bentuk:

  1. Keterlibatan perwira aktif dalam jabatan sipil, seperti masih menjabatnya Mayor Teddy sebagai tentara sekaligus sekretaris kabinet.
  2. Terlibatnya TNI dalam mengelola food estate di Merauke dan di daerah lainnya.
  3. Munculnya wacana menghidupkan Dwi Fungsi TNI melalui Revisi UU TNI

Berbagai fenomena di atas mencerminkan bahwa ideologi Dwi Fungsi ABRI belum sepenuhnya hilang, tetapi telah beradaptasi dengan konteks politik yang lebih demokratis. Pada masa ini, militer tidak lagi menggunakan jalur formal untuk berpolitik, tetapi tetap memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan strategis negara.

Penulis : Mohammad Nayaka Rama Yoga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Bergizi Gratis: Militerisasi Urusan Perut Rakyat

Makan Bergizi Gratis: Militerisasi Urusan Perut Rakyat Ilustrasi MBG oleh Prajurit TNI AD Belakangan, negara kembali hadir dalam urusan rakyat, yakni dalam wujud seragam loreng. Program Makan Bergizi Gratis yang digagas pemerintah kini dilaksanakan oleh TNI AD di berbagai daerah. Tentu, tidak ada yang salah dengan niat memberi makan anak-anak. Tapi persoalannya bukan sesederhana soal niat baik. Ketika institusi militer mulai masuk mengurus dapur, distribusi logistik, bahkan kualitas gizi anak sekolah, kita patut bertanya: ke mana sipil? Normalisasi Militer dalam Kehidupan Sipil Keterlibatan militer dalam urusan sipil bukan hanya soal pragmatisme. Ini adalah bagian dari proses yang lebih dalam, yaitu normalisasi kehadiran militer dalam kehidupan sehari-hari rakyat , yakni  proses perlahan dan sistematis yang terjadi sejak pasca reformasi. Apa yang dulu dianggap sebagai penyimpangan, kini dianggap sebagai kewajaran. Pasca reformasi 1998, militer secara formal ditarik dari politik ...

Apakah Salah Ketika Saya Berpartai

Apakah Salah Ketika Saya Berpartai Oleh : Mohammad Nayaka Rama Yoga Dahulu, pada masa awal kemerdekaan hingga tahun 1960-an, orang Indonesia tidak pernah malu untuk berpolitik. Justru pada masa itu, masyarakat merasa bangga apabila mereka menjadi bagian dari suatu partai. Petani ikut rapat organisasi petani di setiap balai desa, buruh membaca koran partai di sela-sela waktu istirahat kerjanya, mahasiswa belajar berorasi dari mentor-mentor organisasi sayap partai, dan ibu-ibu di kampung-kampung mengikuti kegiatan arisan yang dikelola oleh organisasi perempuan partai. Politik menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, bukan sebagai sesuatu yang jauh, rumit, atau hanya milik para elite partai. Sejarawan Benedict Anderson (1972) menyebut masa-masa ini sebagai periode ketika rakyat bukan hanya berbicara tentang politik, tetapi benar-benar menjalankan politik sebagai bagian dari kehidupan mereka. Pada masa itu, partai-partai politik memiliki basis sosial yang sangat kuat, bahkan sampai terse...